Hanger Dengan Sederet Penemunya

Gantungan Pakaian lebih dikenal dengan nama Hanger, yang berarti gantungan. Walaupun tidak diikuti kata “pakaian”, kebanyakan orang yang mendengar kata “Hanger” bisa langsung mengerti bahwa yang dimaksud adalah gantungan pakaian.

Saat ini bentuk Hanger sangat beragam, ada yang dari kayu berpengait kawat, ada yang dililit dengan kain satin dan diberi renda pada tepiannya, ada juga yang murah seharga 15 ribu rupiah selusin. Dan ada Hanger yang lebih murah meriah lagi yaitu hanger yang hanya dibuat dari kawat seharga 10 ribu selusin (tergantung daerah tempat tinggal).

Pada masa sebelum hanger populer ternyata ada banyak nama yang tecatat sebagai pencipta Hanger untuk pertama kalinya, sampai pada hanger yang di modifikasi sesuai kebutuhan dan masih dipakai hingga sekarang.

Sebut saja Albert J. Parkhouse orang yang pertama membuat Hanger dikarenakan dia kesulitan saat harus menggantungkan mantelnya dikantor, lagipula saat itu banyak teman kantornya yang mengeluh akibat sedikitnya cantelan mantel dikantor. Saya lupa bilang kalo si Albert ini orang Amerika, dan penduduk Amerika selalu memakai mantel untuk melindungi diri mereka dari udara dingin, terutama pada saat musim gugur dan musim dingin.

Orang kedua yang merubah bentuk Hanger menjadi lebih baik adalah Schuyler C. Hulett. Dia menemukan kelemahan Hanger ciptaan albert. Hanger Albert hanya terbuat dari kawat yang dilengkungkan berbentuk oval dengan dua sisi kanan dan kiri dililit hingga berbentuk kaitan. Ternyata Hanger ini bisa membuat pakaian yang baru dicuci berkerut dan kelihatan buruk. Schuyler pun menambahkan karton yang digulung dan dililit pada hanger kawat tadi. Hanger ini ternyata mampu mencegah kerut pada pakaian.

Orang ketiga adalah Elmer D. Rogers yang merubah hanger berbahan kawat menjadi bahan plastik berbentuk tabung yang lebih kukuh dari kawat. Hanger seperti ini masih banyak digunakan hingga sekarang. Sedangkan hanger yang terbuat dari kayu diciptakan oleh Thomas Jefferson bertahun-tahun kemudian.

So.. jika kamu membeli hanger, kamu bisa mengetahui siapa yang menciptakan hanger itu untuk pertama kalinya dilihat dari jenis bahanya apakah hanger berbahan kayu, plastik atau kawat.

Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat dan jangan lewatkan diskon menarik di website kita  🙂

Comments are closed